Bisnis Dropship: Cara Menemukan Produk Unggulan Dan Supplier Yang Tepat [Bagian 2] - Ndeprok

Saturday, April 16, 2016

Bisnis Dropship: Cara Menemukan Produk Unggulan Dan Supplier Yang Tepat [Bagian 2]


Apa kabar sobat netter semuanya ? Berikut ini adalah artikel kelanjutan dari Bisnis Dropship: Rahasia Mendapatkan Income Jutaan Rupiah Dengan Modal Nol [Bagian 1] yang semoga setelah anda membacanya sudah mendapat gambaran bagaimana Bisnis Sistem Dropship ini berjalan.

Memang Bisnis Dropship ini gampang-gampang susah. Artinya gampang jika anda sudah menjalankannya, dan susah jika belum tahu harus mulai dari mana. Karena itulah artikel kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana memulai bisnis dropship dengan mencari atau menemukan produk unggulan dan supplier yang tepat atau terpercaya.

Bagaimanakah kriteria produk unggulan tersebut?
 
Yaitu produk yang banyak dicari atau dibutuhkan orang (baca: laris), harga masih dalam batas kewajaran, dan lebih bagus lagi kalau penyedia atau penjualnya belum banyak. 


Tentang jenis produknya, bebas. Bisa produk musiman (sedang trend) maupun produk abadi (dibutuhkan orang terus menerus setiap saat). 

Dimana kita bisa mencari produk unggulan ini?

Kita bisa memakai 2 metode yaitu:
1. Mengonlinekan bisnis offline
2. Mencari keuntungan sebagai makelar online

 

Metode yang pertama dapat anda lakukan dengan mencari informasi tentang produsen di sekitar anda, apakah itu berupa kerajinan tangan, home industri, obat herbal, perajin sandal, sepatu, tas, dompet, boneka, mainan anak, makanan kering, souvenir dll yang anda rasa unik dan dia belum mengonlinekan bisnisnya, alias masih berjualan secara konvensional dengan membuka toko atau hanya menerima pesanan secara terbatas di kalangan teman atau tetangga. 

Inilah peluang emas anda ! Mintalah kepadanya untuk membantu menjualkan atau mempromosikan produknya dengan sistem dropship seperti pada contoh Mbak Maya di Artikel Bisnis Dropship Bagian 1

Peluang ini sangat luas dan tidak terbatas. Anda bisa mencari informasinya dari orang tua, kakak adik, saudara, tetangga dan teman yang tinggal di sekitar kota anda. Atau mencari informasi dari iklan baris koran harian di kota anda. Gunakan kreativitas anda !

Untuk metode yang kedua, inilah yang akan saya bahas lebih detil di artikel ini, yaitu mencari sumber produk dan supplier atau produsen secara online dan mendapat keuntungan dari selisih harganya. Readyy ??

Mari kita mulai dengan riset produk unggulan ini, dengan membuka salah satu marketplace terbesar di Indonesia: Tokopediawww.tokopedia.com.

Apa alasan saya memilih Tokopedia?
 
Karena di Tokopedia, kemungkinan untuk supplier atau penjual menipu anda hampir nol, karena jika anda membeli barang disini maka uang anda ditransfer dulu ke rekening Tokopedia, dan anda pun bisa meminta uang kembali jika barang yang anda pesan tidak sampai ke alamat anda.

Seandainya anda sudah menerima barang pesanan anda dan mengkonfirmasinya, barulah Tokopedia akan meneruskan uang anda ke penjual atau supplier. Sehingga di Tokopedia, penjual berusaha untuk menjaga pelayanan dan reputasinya supaya dapat dipercaya dan produk yang dijualnya bisa laris.

Sebelum anda memulai meriset produk unggulan, sebaiknya mendaftar dulu sebagai member di Tokopedia. Tidak ada biaya pendaftaan alias gratis, hanya perlu mengisi form pendaftaran dan akun email yang aktif sebagai syarat pendaftarannya. Alternatif lain yang lebih cepat: anda bisa menggunakan akun facebook, yahoo maupun google untuk mendaftar ke Tokopedia seperti gambar berikut ini:

tokopedia bisnis droship

Setelah masuk, anda akan melihat berbagai macam kategori yang ada disana. Sekarang coba kita buka salah satunya, misal kategori Rumah Tangga:

bisnis dropshipping tokopedia 
Setelah terbuka, urutkan hasil pencarian berdasarkan Penjualan, harga min isikan 25.000, dengan tujuan jika harga terlalu rendah maka anda akan susah mendapatkan keuntungan. Pengaturan in dilakukan dari menu di sebelah kiri seperti gambar berikut:

cara bisnis dropship

Setelah difilter maka kita mendapatkan tampilan produk-produk terlaris di kategori rumah tangga dengan harga minimal 25rb. Pilihlah diantara produk-produk tadi mana yang anda inginkan untuk dipromosikan atau dijual ulang.

Semakin tinggi harga produk maka keuntungan yang bisa anda peroleh akan semakin besar. Dan pilihlah produk dengan penjualan minimal atau diatas 50, karena itu masih termasuk dalam produk laris, meskipun tidak berada di halaman 1 hasil pencarian. Sebagai contoh saya ambil produk “Kelambu Kasur Anti Nyamuk” sebagai berikut:

bisnis dropship tokopedia

Selanjutnya mari kita buka produk Kelambu Kasur Anti Nyamuk ini untuk melihat detil produknya sebagai berikut:

produk unggulan tokopedia

Detil produk Kelambu Kasur Anti Nyamuk menunjukkan, produk seharga 40rb ini telah dilihat sekitar 6300 kali dan telah terjual sebanyak 1800 produk. Surprised smileMari kita lihat detil penjualnya dalam gambar berikut ini:

kelambu kasur tokopedia

Penjual atau supplier dalam hal ini laris_88_computer berasal dari Jakarta, mempunyai reputasi yang cukup baik dan yang terpenting adalah penjual cukup aktif karena terakhir online sekitar satu jam yang lalu (saat artikel ini ditulis). Disarankan dalam memilih penjual maksimal aktif sehari yang lalu karena itu sudah cukup baik.

Lihat juga review atau ulasan produk dan rating penjual yang meliputi Kecepatan, Akurasi dan Pelayanan. Carilah yang nilai rata-rata kualitas berdasar ringkasan review selama 6 bulan terakhirnya minimal 4 bintang. Dalam hal ini nilai raportnya adalah 4.4. Sangat bagus. Thumbs upOk, disini kita mendapat satu calon supplier yang terpercaya yaitu laris_88_computer, dengan produk laris berupa kelambu kasur anti nyamuk dengan harga 40rb.

Langkah berikutnya kita perlu memastikan apakah harga produk tersebut memang termurah dan juga siapa supplier lain yang menjual produk yang sama sebagai pesaingnya.  Kembali kita lakukan pencarian di Tokopedia dengan kata kunci “Kelambu Kasur Anti Nyamuk” dengan memasukkan settingan filter Harga Termurah sehingga didapatkan hasil sebagai berikut:

kelambu kasur anti nyamuk

Ternyata, jagoan kita mendududuki harga termurah kedua Thumbs up dengan satu pesaing di harga 34rb yang menempati peringkat pertama. Mari kita klik untuk melihat lagi detil penjual produk kelambu kasur anti nyamuk rangking pertama tersebut:

produk laris tokopedia

Penjual adalah CENTROGROSIR dari Surabaya, dengan statistik produk dilihat 1400, dan terjual 185. Terakhir online 3 jam lalu (saat artikel ini ditulis), dengan raport nilai rata-rata kualitas berdasar ringkasan review 6 bulan terakhir adalah 3.8.

Tanpa pengaruh subyektivitas, maka menurut saya, pemenangnya tetap berada di laris_88_computer, karena dari segala segi dia masih menang, kecuali harga sedikit lebih mahal. Supplier ini layak dijadikan sumber produk (dalam hal ini kelambu kasur anti nyamuk). Tes terakhirnya adalah dengan mengontak supplier ybs melalui inbok di tokopedia, maupun langsung ke info BB / Whatspp / SMS yang tersedia untuk melihat kecepatan respon dan jawabannya.

Kesimpulannya, faktor-faktor berikut yang harus diperhatikan dalam riset produk laris atau unggulan dengan supplier terpercaya adalah:

1. Kapan terakhir online. Keaktifan penjual ini sangat penting karena akan berpengaruh di kecepatan dalam menangani order dan proses pengiriman barang.

2. Rating produk (bintang). Usahakan memilih supplier dengan rating berdasaran ulasan 6 bulan terakhir minimal 4 bintang.

3. Kota asal penjual. Hal ini juga penting jika ada calon pembeli anda nantinya yang bertanya dari mana barang dikirim atau lokasi kota penjual maka anda bisa menjawabnya. Penting juga dalam perhitungan ongkos kirim barang dari supplier ke konsumen anda.

4. Pemesanan minimal. Kenapa hal ini penting? Karena anda akan menjualnya per satuan. Beberapa penjual di Tokopedia hanya melayani pembelian dalam jumlah besar.

5. Gambar produk. Pilihlah gambar produk yang jelas, tajam dan detil.

6. Deskripsi atau penjelasan produk.  Harus cukup jelas dan detil karena anda perlu untuk kembali menjelaskan produk ke calon pembeli anda sehingga tidak membingungkan mereka.

7. Bandingkan produk yang sama dengan penjual yang berbeda dari segi Harga, Rating Produk, Ulasan atau review pembeli, kota asal, dan kecepatan respon penjual sehingga kita mendapatkan supplier yang terbaik.

Demikian artikel tentang Cara Menemukan Produk Unggulan dan Supplier Yang Tepat dari Seri Bisnis Dropship ini. Sepeti biasa, semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan corat coret di kolom komentar jika ada hal yang ingin ditanyakan Smile

Selanjutnya, bagaimana cara kita menjual kembali produk yang telah diriset di Tokopedia ini dengan Sistem Dropship? Simak kelanjutannya di artikel terakhir berikut: Bisnis Dropship: Rahasia Promo Produk Unggulan dan Meledakkan Penjualan [Bagian 3 – Tamat]